loading...

Mengenal Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Kanker Payudara

 Mengenal Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan momok yang menakutkan bagi banyak wanita . Jika Anda wanita pasti tidak ingin sampai terkena kanker payudara , namun ada kalanya keinginan untuk terhindar dari penyakit ini justru membuat Anda khawatir dan cemas dengan keadaan Anda sendiri .

Hal ini terbukti dari banyaknya wanita yang mencari referensi mengenai kanker payudara, termasuk sobat pembaca artikel ini .

Meskipun begitu, tetap saja masih ada banyak wanita yang justru mengabaikan atau tidak peduli dengan bahaya kanker payudara. Coba saja Anda buktikan dengan cara menanyakan hal - hal tentang kanker payudara pada teman - teman perempuan Anda, saya yakin akan banyak yang tidak tahu seluk beluk mengenai kanker payudara .

Oke dari pada basa-basi , sekarang langsung saja kita bongkar semua hal yang terkait dengan kanker payudara .

Apa Itu Kanker Payudara?

Untuk mendefinisikan kanker payudara, pertama Anda harus tau dulu apa itu kanker . Kanker adalah pembentukan jaringan atau sel di dalam tubuh yang tidak normal dan bersifat ganas . 

Nah , dengan begitu pengertian kanker payudara adalah pembentukan sel atau jaringan dalam payudara yang ganas dan tidak terkendali. Sel kanker dalam payudara akan tumbuh terus menerus dan menggerogoti jaringan atau organ di sekitarnya .

Bukan hanya itu , sel kanker juga bisa menyebar ke organ tubuh lainnya seperti paru-paru, hati, dan otak melalui   pembuluh darah. 

Apa Gejala Kanker Payudara?

Gejala atau pertumbuhan kanker payudara memang sulit di deteksi, karena memang kebanyakan kasus kanker payudara baru diketahui oleh penderitanya setelah mencapai stadium lanjut. Bahkan sering kali gejala awal kanker payudara sama sekali tak terasa, yaitu seperti tidak adanya nyeri pada payudara, tubuh tetap sehat, dan payudara nampak normal baik dari fisik maupun fungsi.

Biasanya pada gejala awal, meskipun tidak menimbulkan nyeri pada payudara, tetapi umumnya terdapat semacam benjolan kecil jika payudara diraba. Benjolan ini tidak nyeri ataupun sakit ketika diraba, tetapi justru hal inilah gejala dini kanker payudara. 



Coba Anda praktekkan cara diatas, jika memang ditemukan benjolan kecil yang tidak terasa nyeri sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikan benjolan tersebut adalah kanker atau tidak. Setelah memasuki fase lanjut maka gejala yang dialami akan semakin nampak dan juga semakin banyak, seperti :

  1. Timbul  benjolan  pada  payudara , makin   lama   benjolan   ini   makin   mengeras   dan   bentuknya   tidak beraturan. Saat  benjolan membesar,  barulah timbul  rasa nyeri saat payudara  ditekan  karena  terbentuk  penebalan  pada  kulit payudara
  2. Bentuk atau ukuran payudara akan berubah tidak beraturan karena pembengkakan
  3. Kelenjar getah bening di sekitar ketiak akan membesar, akibatnya timbul benjolan dibawah ketiak
  4. Bentuk  dan warna puting  berubah,  misalnya  puting  susu  tertarik  ke dalam dan yang tadinya berwarna merah muda dan akhirnya menjadi kecoklatan
  5. Keluar  darah,  nanah,  atau  cairan  encer  dari  puting  susu  meskipun tidak sedang hamil

Siapa Yang Berisiko Terkena Kanker Payudara?

Siapa saja bisa terkena kanker payudara entah itu laki laki atau perempuan, keduanya punya kesempatan sama untuk terjangkit penyakit ini. Namun ada beberapa golongan yang jauh lebih berisiko atau bahkan dua kali lipat risikonya , mereka yaitu ...

Wanita diatas 40 tahun

Semakin bertambahnya umur meningkatkan risiko kanker payudara. Wanita paling  sering  terserang  kanker  payudara  adalah  wanita usia  di  atas  40  tahun. Wanita berumur di bawah 40 tahun juga dapat terserang kanker payudara, namun risikonya lebih rendah dibandingkan  wanita di atas
40 tahun.

Wanita yang menstruasi pertama lebih awal

Normalnya seorang wanita akan mengalami menstruasi pada umur 12 tahun, namun banyak juga yang menstruasi pertama kalinya pada umur dibawah 12 tahun. Wanita yang mengalami menstruasi pertama lebih cepat dibanding normalnya yaitu 12 tahun, mempunyai risiko 3,6 kali lebih tinggi dibanding dengan wanita yang menstruasi di waktu 12 tahun. Hal ini dibuktikan oleh penelitian Indriati  tahun  2009  di  RS  Dr. Kariadi  Semarang  dengan  desain case  control.

Monopause usia lanjut 


Monopause adalah kondisi dimana seorang wanita tidak lagi mengalami siklus menstruasi atau bisa dikatakan tidak lagi menstruasi. Wanita yang telah mengalami monopause akan mempunyai risiko lebih besar terkena kanker payudara.

Hamil pertama di atas usia 35 tahun

Seorang wanita yang hamil pertama kali diatas usia 35 tahun, punya risiko 3,6  kali  lebih  besar dibandingkan wanita yang kehamilan  pertama  sebelum 35 tahun untuk  terkena  kanker  payudara . Hal ini dibuktikan oleh penelitian  Briston  (2008) di Amerika Serikat  dengan desain cohort.

Mereka yang obesitas dan hobby makan lemak

Jangan anggap sepele masalah kegemukan atau obesitas , begitu pula masalah konsumsi makanan berlemak. Kedua hal ini telah terbukti dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga 2 kali lipat. Penelitian tentang hal ini dibuktikan oleh kedua peneliti  yang bernama Norsaadah tahun 2005 di Malaysia serta Briston (2008) di Amerika Serikat .

Memakai obat kontrasepsi oral dalam jangka lama

Obat kontrasepsi oral adalah semacam obat yang diminum melalui mulut yang ditujukan untuk mencegah atau mengatur terjadinya kehamilan pada wanita . Contohnya seperti pil KB  Kandungan hormon Estrogen dan Progesteron dalam obat kontrasepsi oral jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang maka akan mengakibatkan akumulasi berlebihan pada tubuh , akibatnya risiko terkena kanker payudara akan semakin besar.

Wanita dan pria perokok

Jika sobat suka merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut . Manfaat rokok itu tidak sebanding dengan masalah yang ditimbulkan. Salah satu masalah yang timbul akibat merokok adalah meningkatnya risiko terjangkit kanker payudara.


Bagaimana Cara Mencegah kanker Payudara ?

Salah satu hal simpel dan menyenangkan dalam menangani timbulnya masalah adalah dilakukannya pencegahan. Begitu pula dengan kanker payudara, yang ternyata pencegahannya mudah dan simpel, seperti .....
  1. Perbanyak   konsumsi   kedelai   serta   olahannya yang   mengandung fitoestrogen yang dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara
  2. Hindari    makanan yang berkadar lemak tinggi karena dapat meningkatkan  berat  badan  menyebabkan  kegemukan  atau  obesitas yang merupakan faktor risiko kanker payudara
  3. Perbanyak  konsumsi buah dan sayuran yang banyak  mengandung serat dan vitamin C, mineral, klorofil yang  bersifat  antikarsinogenik dan  radioprotektif, serta  antioksidan yang dapat  menangkal radikal bebas
  4. Selalu kontrol berat badan serta hindari rokok, alkohol , dan juga stres

    Baik, diatas sudah saya jelaskan mengenai kanker payudara . Jika Anda bertanya kenapa tidak ada pembahasan mengenai pengobatan kanker payudara, saya akan menjawab bahwa disini saya hanya memprioritaskan tentang pencegahan atau pengenalan kanker payudara . 


    BACA DI SINI UNTUK INFO ARTIS SEPUTAR PRILLY


    LIKE & SHARE

    Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

    0 Response to " Mengenal Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Kanker Payudara "

    Posting Komentar