loading...

Terapi Musik Untuk Hipertensi (Katanya) Sangat Ampuh

Terapi Musik Untuk Hipertensi (Katanya) Sangat Ampuh


Seiring majunya zaman, kini musik bukan lagi dijadikan sebagai sarana hiburan semata, melainkan menjadi sarana pengobatan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa terapi musik sangat efektif dalam mengendalikan tekanan darah seseorang. 



Tentu tidak semua jenis atau genre musik bisa dipakai untuk terapi ini. Hanya beberapa genre musik yang dianjurkan dan umum digunakan. Hal tersebutlah yang akan kita bahas.

Terapi Musik untuk Hipertensi

Musik dapat di definisikan sebagai rangsangan pendengaran yang terorganisir yang terdiri atas melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk, dan gaya. Musik memiliki kemampuan mengobati penyakit dan ketidakmampuan yang dialami oleh tiap orang. Ketika musik di aplikasikan sebagai alat terapi, musik dapat meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik dan mental.
Jika kita telisik lebih dalam, maka akan terlihat betapa lekatnya musik dengan tubuh kita. Musik tersusun dari ritme atau irama, nah dalam tubuh hal ini sudah bisa dilihat dari ritme dan irama jantung dalam berdetak, saat kita bernafas, dan kerja proses pencernaan yang saling beraturan dan teratur.

Berbagai penelitian yang dilakukan di India maupun Italia, menunjukan efektifitas terapi musik untuk mengurangi nyeri kecemasan maupun hipertensi. Alunan musik yang pas bersifat merangsang sistem limbik dalam tubuh yang akan membuat lebih rileks dan tenang, sehingga berefek pada turunnya tekanan darah. Selain itu, alunan musik juga mampu menstimulasi tubuh untuk memproduksi molekul yang disebut nitric oxyde (NO). Molekul ini bekerja pada pembuluh darah sehingga dapat menormalkan tekanan darah.

Musik yang Pas untuk Terapi

Musik yang pas untuk terapi adalah jenis musik yang memiliki irama dan nada dengan frekuensi tinggi serta tempo yang dinamis. Musik seperti ini banyak terdapat pada jenis musik klasik dan juga lagu-lagu relaksasi. Nah, biar memudahkan Anda dalam melakukan terapi musik, berikut saya berikan daftar lagu yang paling direkomendasikan untuk terapi musik :


Judul: Pencipta
Fur Elise Beethoven
Symphony Beethoven
Symphony Mozart
Spring Vivaldi
Autumn Vivaldi
Habanera G.Bizet
Fantasie F.Chopin
The Blue Danube J.Strauss
Radetzky March J.Strauss
Also Sprach Zarathustra R.Strauss
Rondo Alla Turca Mozart
Romance The Amor Beethoven
 
Nah, itu saja yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat atau setidaknya bisa menambah wawasan Anda.

Baca juga : Bahaya Makan Mie Instan Dengan Nasi, Mulai Dari Kegemukan Hingga Diabetes
LIKE & SHARE

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Terapi Musik Untuk Hipertensi (Katanya) Sangat Ampuh"

Posting Komentar