loading...

Bahaya Makan Mie Instan Dengan Nasi, Mulai Dari Kegemukan Hingga Diabetes

Bahaya Makan Mie Instan Dengan Nasi, Mulai Dari Kegemukan Hingga Diabetes


Makan mie instan dengan nasi seakan sudah menjadi hal umum di kalangan masyarakat Indonesia. Termasuk saya sendiri juga sering melakukannya. Padahal saya sadar betul bahaya yang mengintai di balik kebiasaan buruk ini. Tapi entah kenapa sampai sekarang pun saya masih sering makan mie instan dengan nasi.



Mie instan memang makanan yang sangat praktis dan juga murah, tanpa lauk pun mie instan sudah terasa enak. Apalagi jika ditambah nasi dan lauk, pasti lebih enak lagi. Sayangnya, kebiasaan makan seperti ini ternyata membahayakan kesehatan anda jika dilakukan terlalu sering dalam jangka waktu yang lama.


Apa alasannya?

Mari kita cari tau...

Mie instan merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, begitu juga dengan nasi. Dalam satu porsi mie instan, terkandung sekitar 400 kalori, jumlah tersebut sama dengan satu porsi nasi dan lauk pauk. Nah, jika anda memakannya secara bersamaan, mie instan + nasi maka kalori yang masuk ke tubuh akan sangat banyak yaitu sekitar 600-700 kalori sekali makan. 

Jika hal tersebut anda lakukan terus menerus, otomatis kalori akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Di lain sisi, perpaduan antara karbohidrat dari nasi dan mie instan akan menaikan indeks glikemik sehingga kadar gula dalam darah naik. Akibatnya risiko terkena diabetes pun semakin tinggi.

Nah, sekedar saran dari saya. Sebaiknya batasi atau kurangi konsumsi mie instan dengan nasi. Satu kali seminggu atau sebulan sekali itu masih bisa ditoleransi, tetapi akan lebih baik jika anda tidak mengkonsumsinya sama sekali.

LIKE & SHARE

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bahaya Makan Mie Instan Dengan Nasi, Mulai Dari Kegemukan Hingga Diabetes"

Posting Komentar