loading...

5 Manfaat Tersembunyi Buah Mengkudu Yang Harus Anda Tahu

5 Manfaat Tersembunyi Buah Mengkudu

Apakah ada yang belum mengenal buah Mengkudu, buah ini cukup familiar di kalangan pengobatan herbal, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari buah mengkudu. Mengkudu atau Morindae Citrifolia merupakan tumbuhan asli Indonesia, biasa ditemukan tumbuh liar di hutan namun ada juga yang dipelihara orang di kebun atau di sekitar rumah.


Buah yang hijau saat masih muda kemudian berubah putih ketika sudah matang ini mempunyai bau yang khas, bagian luar buahnya terdapat bintik hitam yang tersusun rapi, bagian dalamnya terdapat biji kecil yang jumlahnya cukup banyak.


Bau dan rasanya yang tidak enak membuat buah mengkudu diminati oleh sedikit orang, padahal jika mau memakan buah ini manfaat yang didapatkan sangatlah banyak diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati diabetes, hipertensi, batuk, dan sebagai penguat syahwat.


Adapun di bawah ini 5 manfaat buah mengkudu yang perlu anda tahu, dilengkapi dengan ramuan dan cara membuatnya agar bisa Anda praktekkan di rumah.

Hipertensi


Hipertensi atau darah tinggi merupakan keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh meningkat. Hipertensi bisa memicu kematian apabila tidak ditangani secara tepat.


Ramuan : Ambil 2 buah mengkudu yang telah masak dan 1 sendok madu, cuci bersih mengkudu kemudian dihancurkan untuk diperas airnya, air perasan mengkudu dicampur dengan madu kemudian diminum. Minum ini secara rutin 3 kali seminggu.

Hepatitis

Hepatitis ditandai dengan warna kuning pada tubuh, hal inilah yang menyebabkan hepatitis dijuluki sakit kuning. Namun perlu diketahui bahwa tak semua tubuh berwarna kuning itu karena hepatitis, sebab masih ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala tubuh berwarna kuning mirip hepatitis.


Ramuan: Ambil 2 buah mengkudu yang telah masak dan 1 potong gula batu, cuci bersih mengkudu kemudian dihancurkan untuk diperas airnya, gula batu di haluskan terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan air perasan mengkudu . Minum ini secara rutin tiap 2 hari sekali .

Sakit Perut


Sakit perut pastinya sering sobat alami, tapi terkadang sakit atau nyeri perut datang secara tiba-tiba tanpa kita tahu penyebabnya. Agar Anda bisa mendiagnosa sendiri apa penyebab sakit perut mendadak.


Ramuan : Ambil 2 daun mengkudu dan 1 buah mengkudu matang, daun dan buah mengkudu dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus, lalu seduh dengan air panas secukupnya dengan penambahan sedikit garam, terakhir disaring dan buang ampasnya. Minum airnya selagi masih hangat .

Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Kaki pecah-pecah terkadang menimbulkan rasa perih pada kaki jika tidak ditangani. Solusi yang bisa Anda pakai untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memakai buah mengkudu matang yang di tumbuk halus kemudian dibubuhkan pada bagian kaki yang bersisik hingga merata, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Demam


Dikatakan demam apabila suhu tubuh diatas 38 % celcius. Demam sering sekali dialami seseorang ketika sakit, biasanya demam disertai gejala lain seperti flu dan batuk. Semuanya ini dapat diatasi hanya dengan mengkudu.


Ramuan : Ambil 1 buah mengkudu dan 1  rimpang kencur, rebus kedua bahan ini dengan 2 gelas air hinga mendidih dan tersisa 1 gelas, saring dan ambil airnya, minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Itulah manfaat dari buah mengkudu. Ingat buah yang tidak enak, pahit terkadang menyimpan sejuta manfaat yang tidak dimiliki buah lain yang enak dan tidak pahit.

Baca juga : Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan yang Harus Anda Tahu.
LIKE & SHARE

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Manfaat Tersembunyi Buah Mengkudu Yang Harus Anda Tahu"

Posting Komentar