loading...

Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan
Tanaman Sirsak di tahun ini memang sedang buming dan menjadi tren pengobatan di mana-mana. Banyak sekali yang memburu tanaman yang satu ini baik daunnya ataupun buahnya untuk pengobatan penyakit seperti kanker ataupun sekedar ingin menjaga kesehatan tubuh.

Di internet pun menjamur artikel-artikel yang mengulas seputar manfaat tanaman yang satu ini. Namun di artikel ini, saya akan mencoba menyajikan artikel manfaat daun sirsak yang pasti berbeda dengan artikel lain yang serupa. 

Apa bedanya? 

Jawabannya akan Anda ketahui sendiri nanti di akhir artikel ini.

Apa itu sirsak?

Sirsak (annona muricata) atau yang lebih dikenal dengan nama "Nangka Belanda" adalah tumbuhan berdaun lebar yang berasal dari daratan Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika selatan bagian utara. Tanaman sirsak juga berasal dari dari negara-negara Afrika yang berada di wilayah iklim tropis.


Saat ini tanaman sirsak sudah tersebar, dan bahkan ada di setiap negara khususnya Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri sirsak sudah umum sekali menjadi buah bibir para praktisi kesehatan dan juga masyarakat, hal ini dikarenakan manfaatnya yang dinilai amat menjanjikan terutama pada pengobatan dan pencegahan kanker.


Apa Hanya Melawan Kanker Khasiat dari Sirsak?

Tidak juga...

Ternyata banyak sekali manfaat dari tanaman sirsak antara lain ialah menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, juga bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan. Sirsak mempunyai rasa yang manis-manis asam yang tentunya menjadi cita rasa tersendiri bagi para penggemarnya. 

Bagi yang sering sarapan dengan roti, buah sirsak juga sering ditambahkan dalam bentuk selai. Apapun bentuk olahannya cita rasa dan sensasi rasa sirsak tetap melekat sehingga mudah sekali untuk dikenali.

Jenis Buah Sirsak di Indonesia

Terdapat 2 jenis sirsak yang tumbuh dan berkembang di indonesia, pertama yaitu sirsak yang rasanya manis asam yang banyak bijinya, sedangkan kedua rasanya manis dan sedikit bijinya, jenis yang kedua ini dinamakan sirsak ratu, karena ditemukan di sekitar Pelabuhan Ratu. Buah sirsak termasuk buah dengan daging buah yang lunak serta lembek, berwarna putih, berserat, dan berbiji hitam pipih.

Kandungan Buah Sirsak?

Kaya Vitamin C
Menurut Prof.Dr. Made Astawan Dosen Depertmen Teknologi Pangan Dan Gizi (IPB), buah sirsak kaya sekali dengan kandungan vitamin C yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin c tubuh per hari yaitu 60 mg, hal ini dapat tercukupi dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak tiap harinya. 


Kandungan vitamin c yang tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang serta memperlambat proses penuaan dini (sehingga tampak awet muda).

Kaya Kalsium dan Fosfor

Kandungan mineral dalam sirsak yang berupa kalsium dan fosfor ternyata juga sangat tinggi, yaitu sebesar 27 dan 14 mg per 100 gram daging buah sirsak. Seperti yang kita tahu bahwa kalsium dan fosfor berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan masa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat dan dampaknya tubuh akan terhindar dari osteoporosis.


Kaya Kalium

Keunggulan sirsak terletak pada kadar potasium (kalium) yang tinggi yaitu 278 mg per 100 gram daging buah. Kadar kalium yang tinggi ini sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Kaya Serat

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah kandungan serat pangan (dietary fibe) yaitu mencapai 3,3 gram per 100 gram daging buah. Konsumsi 100 gram daging buah sirsak dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat tubuh dalam sehari. Kandungan serat ini juga baik untuk memperlancar pencernaan serta sangat cocok bagi yang sedang diet sehat.


Hubungan Buah Sirsak dengan Pengobatan Kanker?

Yang pasti hubungannya bukan pacaran ya... hehehe...

Kajian efek tanaman sirsak dalam pengobatan kanker dimulai sejak tahun 1970-an. Pertama kali yang melakukannya adalah National Cancer Institute pada tahun 1976.

Hasilnya menakjubkan...

Ternyata terbukti dari hasil penelitian tersebut, tanaman sirsak terutama daun dan tangkainya sangat efektif dalam menyerang dan memusnahkan sel-sel kanker yang ganas. Semenjak itulah muncul pernyataan yang sama dari berbagai pihak setelah dilakukan kajian hingga lebih dari 20 laboratorium yang berbeda. 

Faktor lainnya yang menarik tentang kekuatan penyembuhan dari sirsak ini adalah bahwa ia memiliki kemampuan untuk hanya memilih sel-sel kanker yang berbahaya saja dan tidak menyerang sel-sel tubuh yang masih sehat. Selain itu juga tidak menimbulkan efek samping seperti pada terapi kemoterapi kanker.

Beberapa pihak yang telah melakukan penelitian lebih lanjut bahkan mengklaim bahwa sirsak dapat membantu dalam penyembuhan 12 macam kanker, termasuk kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, kanker pankreas dan kanker prostat. 

Meskipun demikian, dalam melakukan terapi kanker dengan tanaman sirsak haruslah diperhatikan beberapa hal seperti jumlahnya harus sesuai anjuran dokter dan jangan berlebihan. Jadi obat apapun itu termasuk herbal, tetaplah perlu tuntunan dari pihak yang ahli (dalam hal ini adalah dokter).

Cara Membuat Jus Sirsak yang Menyehatkan?

Salah satu cara menikmati sirsak adalah dengan cara membuat jus. Berikut ini ada beberapa resep jus sirsak untuk kesehatan tubuh ...

Resep Pertama

      1. 250 gram daging buah sirsak
      2. 100 gram daging buah nanas
      3. 100 gram daging buah pepaya
      4. 2 sendok makan air jeruk nipis
      5. 2 sendok makan madu
      6. 100 cc air dingin atau es (bagi yang ngefans dingin)
          Tips membuat: Sirsak dan air dijus, tambahkan madu dan air jeruk nipis. Nanas dan Pepaya dipotong-potong sesuai selera, lalu campurkan potongan nanas dan pepaya tadi dengan jus sirsak. Selamat mencoba.


          Resep Kedua
              1. 500 gram daging buah sirsak
              2. 1,5 cangkir susu
              3. 5 sendok makan gula pasir
              4. 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
              5. Es secukupnya
                  Tips membuat: Sirsak, susu, dan gula dicampur jadi satu dan diblender. Tambahkan es, perasan jeruk nipis dan blender lagi hingga benar-benar lembut. Selamat mencoba.

                  Demikianlah manfaat jus sirsak bagi kesehatan. Selamat mencoba!

                  Baca juga : 5 Manfaat Tersembunyi Buah Mengkudu Yang Harus Anda Tahu
                  LIKE & SHARE

                  Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

                  0 Response to "Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan yang Harus Anda Tahu"

                  Posting Komentar