loading...

5 Penyakit dan Kelainan Tulang Selain Osteoporosis Lengkap dengan Tips Pencegahan

Penyakit Osteoporosis
Osteoporosis ternyata bukan satu-satunya penyakit dan kelainan pada tulang yang harus diwaspadai, masih banyak penyakit tulang lainnya yang tidak kalah berbahayanya dengan osteoporosis. 


Berikut ini saya merangkum setidaknya ada 5 penyakit dan kelainan pada tulang selain osteoporosis. Silahkan disimak baik-baik.

1. Osteomalacia

Osteomalasia
Osteomalacia merupakan penyakit tulang yang terjadi akibat gangguan pembentukan tulang sehingga tulang menjadi lunak dan lembek. Orang yang terkena osteomalacia memiliki ciri-ciri tulang punggung memendek, kaki bengkok, dan tulang pinggul yang pipih. 

Penderita osteomalacia biasanya tidak menunjukan gejala sakit atau nyeri pada tulang. Penyebab munculnya penyakit ini adalah kurangnya asupan vitamin D dan kalsium serta kurangnya berjemur di bawah sinar matahari pagi.

2. Osteolisis

Osteolisis merupakan hancurnya tulang yang disebabkan oleh trauma atau kecelakaan berat dan juga mungkin disebabkan oleh adanya kanker yang mengenai tulang.

3. Osteopenia

Osteopenia merupakan gangguan pada tulang yang terjadi berupa penurunan masa tulang yang akan menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.  Osteopenia sering kali disebut sebagai gejala awal penyakit osteoporosis.

4. Rhematoid Arthritis

Rhematoid arthritis adalah salah satu jenis penyakit rematik yang bisa menyerang tulang dan persendian. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri hingga radang hebat pada tulang dan juga persendian.

5. Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan salah satu penyakit sendi yang ditandai dengan menipisnya tulang rawan yang ada di persendian sehingga mengakibatkan nyeri yang hebat. 

Nah, kelima penyakit dan gangguan pada tulang sudah dijelaskan diatas. Sekarang waktunya Anda mendapatkan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya berbagai penyakit dan gangguan pada tulang. 

Ya langsung saja, berikut tips mencegah penyakit dan gangguan tulang :

Berjemur di Pagi Hari

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan jika berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Jadi, berjemurlah di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi, lakukan selama 10-15 menit agar Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Olahraga

Dengan berolahraga secara rutin, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan tulang termasuk osteoporosis. Selain itu, olahraga juga akan membantu menghindarkan Anda dari stres dan gangguan psikologis lainnya. Untuk melakukan olahraga yang baik dan sehat, berikut saya punya beberapa tipsnya:


  • Pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda, usahakan jangan memaksakan untuk melakukan olahraga yang berat.
  • Lakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai untuk berolahraga.
  • Jangan tergesa-gesa saat berolahraga, cobalah untuk rileks dan menikmatinya.
  • Jangan memaksakan diri, jika merasa sudah lelah maka istirahatlah.
  • Setelah selesai berolahraga, minumlah air putih secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
Cukupkan Asupan Kalsium
Kalsium merupakan nutrisi utama untuk tulang. Fungsi utama kalsium adalah mengisi kepadatan tulang dan gigi. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dari beberapa makanan seperti susu, ikan, kacang-kacangan, bayam, dan lain sebagainya. 

Demikianlah beberapa tips mencegah penyakit dan gangguan tulang. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan yang paling penting adalah bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sekian artikelnya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.
LIKE & SHARE

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Penyakit dan Kelainan Tulang Selain Osteoporosis Lengkap dengan Tips Pencegahan"

Posting Komentar