loading...

Tujuh Makanan Sehat Untuk Mencegah Osteoporosis

Tujuh Makanan Sehat untuk Mencegah Osteoporosis


Kali ini kita akan membahas mengenai makanan sehat untuk mencegah penyakit osteoporosis. Di artikel sebelumnya telah dibahas mengenai apa itu penyakit osteoporosis. Sekarang waktunya memberikan solusi kepada Anda semua mengenai upaya pencegahan osteoporosis.


Upaya pencegahan yang akan dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mencegah osteoporosis maka kita juga harus tau nutrisi apa yang diperlukan tubuh agar tulang tubuh kita terhindar dari ganasnya osteoporosis. 

Berikut saya sajikan tabel beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh agar terhindar dari osteoporosis.


Nutrisi : Fungsi
Kalsium Berfungsi mengisi kepadatan (densitas) tulang
Fosfor Berfungsi dalam klasifikasi tulang dan gigi
Mangan Berfungsi dalam proses penyerapan kalsium
Boron Berfungsi mencegah kehilangan kalsium dan demineralisasi tulang
Vitamin D Berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium dan mencegah penyakit rakhitis
Fitoestrogen Berfungsi meningkatkan aktifitas hormon estrogen dalam tubuh


Tabel diatas menunjukan setidaknya ada 7 nutrisi penting yang harus terpenuhi jika kita ingin terhindar dari osteoporosis. Pertanyaannya adalah bagaimana cara memenuhi nutrisi diatas? Haruskan minum obat atau suplemen tulang. 

Jawabannya, tidak dua-duanya...

Anda tidak perlu mengkonsumsi obat ataupun membeli suplemen tulang dengan harga yang mahal. Yang Anda lakukan hanyalah menyisihkan sedikit uang untuk berbelanja bahan makanan pencegah osteoporosis berikut ini.

Susu


Siapa yang tak kenal susu ? Minuman sehat yang satu ini sangat digemari masyarakat. Berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan cara meminum susu secara rutin setiap harinya. Selain sumber protein dan lemak, susu juga merupakan sumber kalsium terbaik yang dapat meningkatkan kekuatan tulang. 


Dalam satu cangkir susu terkandung lebih dari 300 mg kalsium, hampir sepertiga dari kebutuhan kalsium harian. Hal inilah yang menjadikan susu sebagai pilihan terbaik untuk mencegah osteoporosis.

Yoghurt


Yoghurt adalah produk fermentasi susu. Proses fermentasi ini melibatkan bantuan bakteri baik yaitu streptococus thermophilus dan thermobackterium bulgarius. Kedua bakteri tersebut merupakan jenis bakteri asam laktat yang berfungsi menguraikan glukosa yang terdapat dalam susu menjadi ke bentuk yang lebih sederhana sehingga mudah untuk dicerna tubuh. Sama halnya dengan susu biasa, yoghurt juga mengandung kalsium dalam kadar tinggi sehingga baik untuk tulang.

Es Krim

Es krim adalah makanan olahan susu yang sangat digemari masyarakat terutama kalangan muda. Es krim diolah dari campuran susu murni, gula, dan terkadang ditambah kuning telur sebagai bahan pengemulsi alami. Kandungan dalam es krim bisa dibilang cukup lengkap, mulai dari kalsium, air, lemak, karbohidrat hingga kolesterol. 

Konsumsi rutin es krim tentunya bisa mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis. Tapi perlu di ingat untuk menghindari mengkonsumsinya secara berlebihan karena es krim umumnya mengandung kolesterol yang berbahaya bagi tubuh.

Keju

Keju merupakan makanan olahan susu yang pembuatannya dengan cara menggumpalkan susu atau krim. Kandungan gizi pada keju tidak jauh berbeda dengan susu pada umumnya. Keju ini juga sangat cocok dijadikan menu makanan pencegah osteoporosis.

Ikan yang Dimakan Bersama Tulangnya

Disaat kita memakan ikan biasanya kita akan menyisakan bagian tulangnya kemudian membuangnya. Padahal jika kita tahu nutrisi apa yang terkandung di dalamnya, pasti Anda tidak akan rela membuang sedikitpun tulang ikan yang Anda makan. Ikan umumnya mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium, protein, lemak, fosfor, dan zat besi. 

Masalahnya adalah hampir sepertiga nutrisi tersebut terdapat di dalam tulang ikan. Nah, agar nutrisi tersebut tidak mubazir atau sia-sia maka kita harus memakan ikan hingga tulang-tulangnya juga. Ingat, ini hanya berlaku untuk ikan-ikan kecil yang tulangnya masih memungkinkan untuk kita makan. Jadi jangan sampai Anda berfikir untuk memakan tulang ikan paus. 

Kedelai

Nilai gizi utama dalam kedelai adalah protein. Sedangkan gizi lainnya yang terkandung adalah asam amino esensial, kalsium, fosfor, seng, potasium, vitamin A dan asam folat. Karena kedelai mengandung kalsium dan fosfor dalam kadar yang cukup tinggi yaitu 254 mg hingga 781 mg maka tidak heran jika kedelai ini masuk kedalam deretan makanan pencegah osteoporosis. 

Tempe

Masyarakat Indonesia pasti akrab sekali dengan tempe. Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang diolah dari fermentasi kedelai. Proses fermentasi ini menjadikan nutrisi yang terkandung dalam kedelai semakin lengkap. 

Beberapa nutrisi tambahan yang terkandung dalam tempe adalah magnesium, vitamin B6, vitamin B12, dan aneka macam enzim yang sangat baik untuk memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh. Selain bisa untuk mencegah penyakit osteoporosis ternyata tempe juga bisa membuat kita awet muda. Percaya atau tidak, itulah faktanya. 


Nah, itulah ketujuh makanan sehat pencegah osteoporosis. Sebenarnya masih ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis seperti buah dan sayuran hijau, tahu dan juga susu kedelai. 
Sebaiknya Anda mengkombinasikan makanan diatas dengan berbagai makanan sehat lainnya agar kesehatan tulang tetap terjaga hingga tua nanti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga: 5 Penyakit dan Kelainan Tulang Selain Osteoporosis Lengkap dengan Tips Pencegahan
LIKE & SHARE

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tujuh Makanan Sehat Untuk Mencegah Osteoporosis"

Posting Komentar